Dewasa ini, tenaga kesehatan khususnya dokter dituntut tidak hanya menguasai dalam hal teori saja, tapi juga dituntut untuk menguasai tindakan. Salah satu contoh tindakan yang paling sering dijumpai oleh tenaga medis adalah dalam hal penanganan luka.

Pada saat ini, manajemen penanganan luka telah mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama dalam dua dekade terakhir ini. Hal ini ditunjang dengan semakin banyaknya inovasi terbaru dalam perkembangan produk baru yang modern untuk penanganan luka. Dengan demikian tenaga kesehatan dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang adekuat terkait dengan proses penanganan luka yang modern.

Perawatan luka merupakan salah satu bidang Bedah Plastik yang dilakukan dengan managemen perawatan luka modern. Dengan managemen tersebut akan menghasilkan penyembuhan luka yang cepat serta mempunyai nilai estetik bagi penderita itu sendiri.

Berkaitan dengan hal tersebut, Departemen / SMF Bedah Plastik Rekonstruksi & Estetik FK UNAIR / RSUD Dr. Soetomo menyelenggarakan pelatihan Basic Course of Plastic Surgical Skill. Acara ini rutin diadakan dua kali dalam setahun. Peserta  dibatasi sebanyak 40 peserta saja agar peserta dapat lebih mudah berinteraksi dengan instruktur dan mendapatkan pengarahan langsung dari instruktur. Sejauh ini peserta bukan hanya berasal dari Surabaya saja, tapi juga dari seluruh penjuru pulau di Indonesia.

Pada pelatihan Basic Course of Plastic Surgical Skill ini, peserta akan diajarkan mengenai penanganan luka baik luka akut yaitu luka yang baru saja terjadi, seperti luka terkena benda tajam, maupun luka kronik yaitu luka lama yang penyembuhannya tidak dalam waktu singkat seperti ulkus dekubitus.

Para peserta akan mendapatkan materi dan kuliah langsung dari para guru besar dan pengajar SMF Bedah Plastik Rekonstruksi & Estetik FK Unair/ RSUD Dr. Soetomo yang tentu saja sangat ahli dalam hal teknik perawatan luka.

Peserta akan mendapatkan pelatihan secara langsung mengenai teknik insisi dan teknik menjahit kulit yang dapat di praktekkan di media yang telah disiapkan. Biasanya media yang digunakan adalah lidah sapi. Di situ peserta akan secara langsung melakukan insisi, menjahit dengan berbagai macam teknik jahit luka, serta peserta juga akan diajarkan melakukan flap.

Selain teknik menjahit luka dan flap, peserta juga akan diajarkan mengenai perawatan luka. Perawatan luka mencakup pemilihan dressing yang tepat untuk merawat luka. Pemilihan dressing yang tepat dapat menghasilkan penyembuhan luka yang diinginkan.

Saat ini pelatihan Basic Course of Plastic Surgical Skill sudah dilaksanakan 9 kali di lingkungan RSUD Dr. Soetomo/FK Unair. Pelatihan ini biasanya dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, para peserta akan diberikan materi tentang macam-macamluka dan perawatannya, serta diberi kesempatan untuk mencoba teknik perawatan luka pada model. Di hari kedua, peserta akan mendapat materi tentang teknik menjahit, instrumen, knot tying dan flap yang tentu saja disertai dengan workshop.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan tenaga medis dapat lebih mahir dalam bidang perawatan luka sehingga peserta dapat melakukan perawatan luka lebih baik dengan harapan angka kesembuhan pasien dapat meningkat.

Basic Course of Plastic Surgical Skill

BEDAH PLASTIK REKONSTRUKSI & ESTETIK

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga - RSUD Dr. Soetomo

Jl. Prof. Dr. Moestopo 6 - 8 Surabaya Telp. 031-5020091  Fax. 031-5046391  email : bedahplastiksurabaya@yahoo.com